Analisis
Laporan Pemantauan Kampanye Capres di Media Sosial Periode September-Oktober 2018

Laporan Pemantauan Kampanye Capres di Media Sosial Periode September-Oktober 2018


Oleh Firdaus Cahyadi | Kamis, 08 November 2018 13:19 WIB | 149 Views

Tak terasa sudah sebulan lebih kampanye capres untuk pilpres 2019 digelar. Masa kampanye capres dimulai sejak 23 September 2018. Media sosial adalah salah satu media yang digunakan oleh para capres untuk berkampanye. Media sosial adalah alat yang murah namun efektif dalam menjangkau khalayak, khususnya generasi muda, sebagai pengguna media sosial.

SatuDunia melalui website www.iklancapres.id melakukan pemantauan konten kampanye capres di media sosial. Akun media sosial yang dipantau adalah akun resmi pasangan calon dan juga tim resmi kampanye mereka. Akun media sosial itu antara lain ada di facebook, twitter dan Instagram. Selain itu SatuDunia juga memantau akun-akun atau group di media sosial yang memiliki pengaruh dalam penyebaran kampanye masing-masing pasangan calon.

Namun, berdasarkan pemantauan SatuDunia, nampaknya para tim kampanye capres belum menghadirkan pendidikan politik dalam kampanyenya di media sosial. Setidaknya ada 6 catatan dari SatuDunia dalam sebulan kampanye capres di media sosial. Selengkapnya laporan tersebut dapat dilihat di link ini.







analisis Lainnya