Analisis
Tak Ada Kasus Budi Pego di #DebatCapres2019 Perdana

Tak Ada Kasus Budi Pego di #DebatCapres2019 Perdana


Oleh Firdaus Cahyadi | Senin, 21 Januari 2019 10:31 WIB | 141 Views

Pada debat perdana capres 2019, tak muncul dari semua paslon tentang kasus Budi Pego. Padahal, debat capres perdana itu mengambil tema soal HAM dan Hukum. Siapa Budi Pego? Kenapa kasusnya harusnya muncul dalam debat perdana capres terkait dengan HAM dan Hukum?

Lelaki itu bernama Heri Budiawan. Entah mengapa, ia sering dipanggil Budi Pego. Akhir-akhir ini namanya sering diberitakan di berbagai media massa. Ia adalah salah satu warga di Banyuwangi yang gigih menolak beroperasinya tambang emas di Tumpang Pitu. Perlawanan terhadap tambang emas didasarkan pada keyakinan untuk melestarikan alam di ujung timur Pulau Jawa itu.

Pada April 2016 silam, tambang itu melakukan peledakan pertama. Seperti ditulis di website Jaringan Advokasi Tambang (Jatam),  peledakan di kawasan Gunung Tumpang Pitu ini yang menjadi penyebab utama banjir lumpur di Pantai Pulau Merah, yang letaknya tepat di bawah kaki Gunung Tumpang Pitu.

Kegigihannya melawan perusahaan tambang itu mengakibatkan ia menjadi incaran untuk dijebloskan ke penjara. Beberapa waktu yang lalu, hakim pengadilan memutuskan Budi terbukti menyebarkan ajaran komunisme atau Marxisme–Leninisme terkait muncul spanduk berlogo palu arit dalam aksi penolakan pertambangan emas Tumpang Pitu, 4 April 2017. Sebuah tuduhan yang sejatinya merupakan upaya 'membunuh' pembawa pesan. 

Sang pembawa pesan penolakan tambang di Tumpang Pitu harus 'dibunuh' karakternya melalui tuduhan penyebaran komunisme agar pesan penolakan tambang itu menjadi tidak relevan. Selain itu juga, agar perlawanan terhadap tambang di Banyuwangi menjadi melemah.

Kriminalisasi aktivis lingkungan hidup dalam kasus penolakan di Banyuwangi itu bukanlah hoax. Itu adalah kenyataan yang mengancam banyak aktivis lingkungan hidup. Anehnya kasus kriminalisasi yang nyata itu justru hilang dari perdebatan perdana capres 2019. Kenapa hal itu tidak masuk? Apakah karena kasus tambang di Tumpang Pintu, Banyuwangi, itu juga akan menyeret industri tambang yang sahamnya dimiliki oleh kandidat dan juga orang-orang di lingkar mereka?







analisis Lainnya