Analisis
Seriuskah Capres Akan Berdebat Soal Lingkungan Hidup di #DebatCapres2?

Seriuskah Capres Akan Berdebat Soal Lingkungan Hidup di #DebatCapres2?


Oleh Firdaus Cahyadi | Senin, 11 Februari 2019 10:48 WIB | 169 Views

Bulan ini, kita akan menyaksikan debat capres ke-2. Salah satu tema yang akan diperdebatkan adalah persoalan lingkungan hidup. 

Persoalan lingkungan hidup adalah persoalan yang serius bagi masyarakat. Krisis ekologi nyata terjadi di masyarakat. Hutan Indonesia yang makin rusak. Udara yang beracun dan juga air yang tercemar adalah bagian dari keseharian hidup masyarakat, dari Sabang hingga Marauke. Pertanyaannya adalah sejauh mana komitmen capres terhadap persoalan lingkungan hidup itu?

Cara melihat seberapa besar komitmen capres terhadap lingkungan hidup adalah dengan melihat sejauh mana mereka mengangkat isu lingkungan hidup dalam konten kampanye mereka di media sosial. Di media sosial, ternyata menunjukan bahwa tim kampanye resmi mereka tidak banyak mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka. 

Menurut data dari www.iklancapres.id, sejak awal kampanye hingga akhir bulan Januari 2019, pasangan capres 01 mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka di media sosial hanya sebanyak 15 kali. Bandingkan dengan isu ekonomi yang diangkat pasangan capres 01 yang sudah mencapai 233 kali.

Tak jauh beda dengan pasangan capres 01, pasangan capres 02. Sejak awal masa kampanye, pasangan capres 02 hanya 11 kali mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka. Sementara, pasangan capres 02 telah mengangkat isu ekonomi dalam kampanye mereka sebanyak 340 kali.

Mereka sama-sama lebih memfokuskan mengangkat isu ekonomi. Isu ekonomi yang diangkat pun relatif sama paradigmanya, yaitu memacu pertumbuhan dengan meningkatkan investasi. Sementara dari prespektif ekologis, justru inevestasi yang selama ini tidak terkendali lah yang justru memicu kehancuran alam.

Jadi yakinkah kita bahwa di debat capres ke-2 ini mereka akan memperdebatkan gagasan soal lingkungan hidup?







analisis Lainnya