Analisis
Menyoal Komitmen Para Capres di Pilpres 2019 Anti-Korupsi

Menyoal Komitmen Para Capres di Pilpres 2019 Anti-Korupsi


Oleh Firdaus Cahyadi | Kamis, 25 April 2019 11:37 WIB | 38 Views

Untuk melihat komitmen para capres di pilpres 2019 terhadap sebuah isu itu mudah. Tinggal melihat bagaimana konten kampanye yang mereka sampaikan untuk menarik hati pemilihnya.

Untuk isu korupsi, meskipun di media para capres sama-sama mengaku memiliki komitmen kuat terhadap pemberantasan korupsi, namun itu sama sekali tidak tercermin dalam konten kampanyenya. Bahkan secara kuantitatif, konten kampanye mereka sangat minim untuk isu korupsi.

Berdasarkan pantauan di www.iklancapres.id per 20 Maret 2019, di media sosial, isu korupsi diangkat dalam konten kampaye pasangan 01 hanya sebanyak 29 kali. Sementara pasangan 02 mengangkat isu korupsi dalam konten kampanyenya hanya sebanyak 10 kali. Agak aneh bila di satu sisi mereka sering mengangkat isu ekonomi sementara di sisi lainnya mereka seperti melupakan mengangkat isu korupsi.

Bagaimana dengan iklan di media massa? Di media massa, kedua capres justru tidak pernah mengangkat isu korupsi dalam kampanyenya. 

Dari sisi substansi, masing-masing capres juga tidak mengungkapkan gagasan tentang pemberantasan korupsi jika berhasil menjadi presiden. Kebijkan apa yang akan diubah atau dimunculkan untuk mempercepat pemberantasan korupsi jika mereka berkuasa juga tidak pernah muncul dalam konten kampanye mereka. Pemilih pun seperti membeli kucing dalam karung dalam persoalan korupsi ini dalam kampanye pilpres 2019 ini. Semua capres melakukan klaim anti-korupsi tanpa jelas peta jalan yang akan ditempuhnya jika berhasil menjadi presiden. 

sumber foto: http://palembang.tribunnews.com/2018/12/08/kumpulan-ucapan-dan-kalimat-selamat-hari-anti-korupsi-sedunia-ada-yang-dari-najwa-shihab







analisis Lainnya