Analisis
Capres 02 Lebih Pilih Kampanye di Instagram, Kenapa?

Capres 02 Lebih Pilih Kampanye di Instagram, Kenapa?


Oleh Firdaus Cahyadi | Kamis, 25 April 2019 14:58 WIB | 55 Views

Berbeda dengan capres 01, pasangan capres 02, akun resmi Prabowo-Sandi lebih memilih kampanye di instagram. Apa yang menyebabkan mereka memilih berkampanye di instagram?

Seperti ditulis oleh tempo.co, tak kurang dari 45 juta orang Indonesia ternyata menggunakan media sosial ini secara aktif, serta tercatat sebagai pembuat konten Instagram Story terbanyak di dunia. Dengan jumlah pengguna yang masif, Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik, serta salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan. Padahal, pengguna aktif di awal tahun 2016 hanya 22 juta.

Sementara itu, dari sisi usia, pengguna instagram aktif adalah anak-anak muda. Seperti ditulis Okezone.com, pengguna intagram atau lebih sering disebut Instagrammers didominasi anak muda, terdidik, dan mapan. Rata-rata mereka berusia 18-24 tahun sebanyak 59 persen, usia 45-34 tahun 30 persen, dan yang berusia 34-44 tahun 11 persen. Pengguna IG perempuan yang paling aktif sebanyak 63 persen dan laki-laki 37 persen.

Merebut pasar anak muda millenial, mungkin menjadi alasan utama pasangan capres 02, lebih memilih instagram sebagai media kampanye di media sosial. Terlebih, selama ini Sandiaga Uno, cawapres dari pasangan 02 telah membuat brand bahwa dirinya mewakili kaum muda millenial. 

 







analisis Lainnya