Berita Terkini

Jelang Debat ke-2, Jokowi dan Prabowo Kurang Mengampanyekan Isu Lingkungan Hidup


Oleh Berita Satu | Senin, 18 Februari 2019 16:05 WIB | 38 Views

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Yayasan SatuDunia Firdaus Cahyadi mengaku prihatin dengan kampanye dari pasangan calon dan tim kampanye Pilpres 2019 yang sangat minin mengangkat persoalan lingkungan hidup. Padahal, kata Firdaus, isu lingkungan hidup ini adalah salah satu isu yang penting bagi masyarakat karena saat ini krisis ekologi telah terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Pasangan calon dan tim kampanyenya tidak banyak mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye. Padahal, isu ini sangat penting dan menjadi salah satu tema debat Pilpres kedua,” ujar Firdaus kepada Beritasatu.com, Jumat (15/2).

Hal ini, kata Firdaus terlihat dari kampanye mereka di media sosial khususnya di Twitter, Facebook dan Instagaram resmi paslon dan tim suksesnya, yang minim mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka.

Menurut data dari www.iklancapres.id, kata Firdaus, sejak awal kampanye hingga akhir bulan Januari 2019, Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Nomor Urut 01 Jokowi-KH Ma’ruf Amin mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka di media sosial hanya sebanyak 15 kali.

“Nah, bandingkan dengan dengan isu ekonomi yang diangkat pasangan capres-cawapres 01 yang sudah mencapai 233 kali,” ungkap Firdaus.

Hal yang sama, menurut Firdaus, juga terjadi di pasangan capres-cawapres Nomor Urut 02 Prabow Subiato-Sandiaga Uno. Sejak awal masa kampanye, kata dia, Prabowo-Sandiaga hanya 11 kali mengangkat isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka. Sementara, Prabowo-Sandiaga telah mengangkat isu ekonomi dalam kampanye mereka sebanyak 340 kali.

“Celakanya, jika ditelisik lebih jauh, konten kampanye isu ekonomi yang masing-masing capres tawarkan juga tidak memiliki prespektif ekologis,” ungkap Firdaus.

Sebagian konten kampanye isu ekonomi capres-cawapres, lanjut Firdaus, menggunakan paradigma yang sama, yaitu pertumbuhan ekonomi dengan cara menarik investasi sebanyak mungkin. Padahal, menurut Firdaus, kolapsnya Pulau Jawa dan pulau-pulau besar lainnya justru disebabkan oleh laju investasi yang tak terkendali sehingga menyebabkan kehancuran alam.

"Dengan minimnya isu lingkungan hidup diangkat dalam kampanye masing-masing capres-cawapres dan timnya, dikuatirkan debat ke-2 justru akan semakin tidak mencerdaskan publik secara politik. Untuk mencegah pembodohan politik di debat capres ke-2 terkait lingkungan hidup, sudah seharusnya para capres saling membuka jejak ekologi masing-masing, termasuk para penjahat lingkungan hidup di lingkaran mereka,” pungkas Firdaus.

Sebagaimana diketahui, SatuDunia atau OneWorld Indonesia sendiri adalah sebuah lembaga nirlaba yang menangani informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi, untuk organisasi masyarakat sipil di Indonesia. SatuDunia/OneWorld Indonesia merupakan bagian dari jaringan informasi global OneWorld Internasional, www.oneworld.net, yang terdiri lebih dari 2.500 organisasi di 13 pusat regional dari Finland sampai India, Amerika sampai Zambia. Setiap pusat regional memiliki karakter dan fokus sendiri.
https://www.beritasatu.com/politik/538250-jelang-debat-ke2-jokowi-dan-prabowo-kurang-mengampanyekan-isu-lingkungan-hidup.html







Berita Lainnya