Berita Terkini
Jurnal Celebes: Timses Capres Tidak Pernah Menyuarakan Isu Lingkungan di Media Sosial

Jurnal Celebes: Timses Capres Tidak Pernah Menyuarakan Isu Lingkungan di Media Sosial


Oleh Terkini.id | Senin, 18 Februari 2019 16:22 WIB | 61 Views

Terkini.id, Makassar – Jurnal Celebes bekerja sama dengan Yayasan SatuDunia dan Walhi Kalimantan Selatan di Banjarmasin menggelar Konferensi Pers terkait Hasil Pemantauan Iklan Calon Presiden di Media, Rabu, 13 Februari 2019, di Balai Aeropala, Makassar.

Jurnal Celebes merupakan organisasi yang berbasis lingkungan hidup dan media. Jurnal Celebes menyoroti isu lingkungan hidup yang terpinggirkan dari percakapan dan kampanye Capres di media sosial.

Menurut Mustam Arif, Direktur Jurnal Celebes di Sulawesi Selatan, para tim sukses capres dalam konteks pemantauan ini, tidak pernah menyinggung atau menyuarakan isu lingkungan sebagai materi kampanye di media sosial.

Ia menyayangkan keadaan tersebut. Padahal, kata Mustam, Isu lingkungan hidup mempunyai peran strategis saat ini dan ke depan.

“Degradasi hutan karena ekspansi perkebunan, izin pertambangan dan illeggal logging, konflik tenurial, krisis tata ruang, bencana ekologis, reklamasi, sampah plastik, dan pencemaran udara. Semua itu adalah ancaman serius lingkungan hidup ke depan,” ujar Mustamin mencontohkan masalah-masalah yang terpinggirkan dan luput dari perhatian Capres dan tim sukses.

Baca Juga : Jadi Pengacara Jokowi-Ma'ruf, Yusril Punya Bakat Membongkar dari Dalam

SatuDunia: Kampanye Pilpres 2019 jarang mengangkat isu lokal

Selain itu, Anwari Natari, Program Manager SatuDunia, menilai minimnya kemunculan konten media sosial tim sukses (timses) kedua capres di daerah yang mengangkat isu lokal.

“Timses (tim sukses) lokal kan lebih memahami persoalan daerah masing-masing. Mereka semestinya mengangkat hal ini ke permukaan. Lewat medsos, salah satunya,” tutur Anwari.

SatuDunia, lembaga yang memantau kampanye Pilpres 2019, juga mengatakan masih minimnya obrolan tentang isu masyarakat sipil, terutama lingkungan dan gender.

Anwari mengimbau agar politikus di daerah mau mengangkat persoalan di daerah masing-masing ke tingkat nasional agar obrolan di media massa tidak melulu Jakarta sentris.

https://makassar.terkini.id/jurnal-celebes-timses-capres-tidak-pernah-menyuarakan-isu-lingkungan-media-sosial/







Berita Lainnya