Berita Terkini
Kampanye di Medsos, Jokowi-Ma'ruf Lebih Manfaatkan Facebook, Prabowo-Sandi Instagram

Kampanye di Medsos, Jokowi-Ma'ruf Lebih Manfaatkan Facebook, Prabowo-Sandi Instagram


Oleh Kompas | Selasa, 18 Desember 2018 12:50 WIB | 189 Views

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa kampanye Pemilu 2019, pasangan calon presiden dan wakil presiden banyak memanfaatkan media sosial sebagai instrumen kampanye mereka.

Baik pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, seringkali berseliweran di Facebook, Instagram, Twitter, hingga YouTube. Kecenderungannya, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin lebih banyak berkampanye melalui Facebook, sementara paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga lebih memanfaatkan Instagram.

Hal itu disampaikan Program Manajer Pemantauan Konten dan Biaya Kampanye Capres di Media Massa dan Sosial dari Komunitas Satu Dunia, Anwari Natari. Baca juga: Maruf Amin Mengaku Punya Strategi Jitu untuk Kampanye Bulan Januari Komunitas Satu Dunia memantau akun media sosial pasangan capres-cawapres beserta tim sukses mereka selama masa kampanye Pemilu 2019. "Jokowi-Ma'ruf lebih banyak kampanye di Facebook, pasangan Prabowo-Sandiaga di Instagram. Bedanya jauh sekali," kata Anwari dalam sebuah diskusi di kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Satu Dunia mencatat, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dalam jumlah kampanye media sosial periode September-Oktober. Jumlah perbandingan unggahan isu kampanye keduanya 460 dan 382. Pasangan Jokowi-Ma'ruf terpantau belum aktif kampanye di media sosial selama periode tersebut. Namun, terhitung November 2018, pasangan yang diusung enam partai politik itu lebih giat. Hingga pada Desember ini, tercatat Jokowi-Ma'ruf unggul jumlah dalam hal kampanye media sosial. "Di Desember, pasangan Jokowi-Ma'ruf mulai mengungguli.

Prabowo-Sandi aktif selama Oktober dan November," ujar Anwari. Terakhir, Satu Dunia mencatat, Sandiaga Uno menjadi sosok paling aktif kampanye di media sosial dibanding ketiga kandidat. Baca juga: Terbukti Kampanye di Sekolah, Caleg Gerindra Divonis 4 Bulan Penjara Dibanding Prabowo, Sandiaga lebih masif kampanye. Perbandingan unggahan terkait kampanye pilpres antara Sandiaga dan Prabowo mencapai 166:89.

Dalam melakukan pemantauan, Komunitas Satu Dunia meneliti akun-akun media sosial yang digunakan oleh partai politik, capres-cawapres, dan elite partai. Tercatat, ada 16 akun yang terafiliasi dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf dan 18 akun terafiliasi dengan Prabowo-Sandiaga. Akun-akun tersebut terdaftar di KPU. Adapun data diperoleh dari situs www.iklancapres.id.
https://nasional.kompas.com/read/2018/12/13/07021911/kampanye-di-medsos-jokowi-maruf-lebih-manfaatkan-facebook-prabowo-sandi







Berita Lainnya