Opini dan Komentar

Masalah Lingkungan yang Tak Dipermasalahkan


Oleh Masikun | Rabu, 20 Februari 2019 13:43 WIB | 97 Views

Sejak dibuka secara resmi untuk kampanye calon presiden dan wakil presiden pada 23 September 2018 lalu, kedua pasangan telah melakukan berbagai kampanye. Baik secara langsung ataupun melalui media sosial atau online. Beberapa isu terkini dijadikansebagai bahan kampanye. Mulai dari isu ekonomi, ham, sosial, korupsi, keberagaman, hoax, gender hingga pada permasalahan lingkungan. Pada debat tahap yang pertama kedua paslon hanya berkutat pada korupsi dan ham yang memang topik yang diberikan oleh KPU. 





Pantauan situs iklan capres menyebutkan sektor isu ekonomi dan ham menjadi fokus utama kedua paslon. Banyak isu – isu penting yang sebenarnya bersinggungan langsung dengan rakyat malah terkesan dikesampingkan. Misal saja sektor lingkungan hidup. Pada kenyataannya rakyat atau masyarakatlah yang tiap saat harus bersinggungan langsung dengan alam sebagai lingkungan hidupnya. Namun ternyata dari iklancapres.id sektor lingkungan hidup hanya sampai pada angka 26 kali bentuk tayangan kampanye di media sosial. Sungguh sangat minim sekali melihat masa kampanye yang hanya tinggal berapa bulan lagi. Dari 26 kali penanyangan tersebut pasangan 01 Jokoi – Amin hanya muncul 15 postingan dan pasangan 02 Prabowo – Sandi hanya muncul 11 kali. 


 
Isu permasalahan lingkungan hidup selalu menghantui warga negara. Dari kebakaran hutan, banjir hingga polusi udara. Setidaknya ada 6 indikator yang pernah muncul dalam kampanye media sosial kedua pasangan. Sektor kehutanan pasangan 01 muncul sebanyak 8 kali. Sedangkan pasangan 02 hanya 2 kali saja. Pada sektor udara bersih masing – masing pasangan calon hanya muncul 3 kali saja. Pada sektor air bersih pasangan 01 muncul 2 kali, sedangkan pasangan 02 muncul sebanyak 3 kali. Pada sektor sampah pasangan 01 bahkan tidak pernah membahas dan muncul dalam media sosial kampanyenya, beda dengan pasangan 02 yang muncul sebanyak 1 kali. Pada sektor pencemaran laut dan pesisir masing – masing pasangan hanya satu kali muncul. Terakhir dalam sektor perubahan iklim masing – masing pasangan juga hanya 1 kali muncul dalam kampanye media sosial mereka.

Dari data yang ditampilkan iklan capres harusnya kita prihatin betapa dikesampingkanya permasalahan lingkungan hidup. Banyak hutan yang mulai beralih fungsi, banyak sumber air yang hilang, hingga permasalahan pengolahan sampah yang tidak pernah ada habisnya. Bencana alam yang sekarang terjadi bisa jadi adalah dampak dari kurang bijaknya manusia dalam mengelola alamnya. Banyak sektor yang hanya dikuasai oleh segelintir orang saja tanpa melihat bagaimana kelangsungan kedepanya. Sudah seharusnya masalah ini harus jadi perhatian serius pemerintah, khususnya para calon pemimpin bangsa selaku pemegang regulasi pada nantinya. Apalah artinya ekonomi yang begitu naik namun disisi lain bencana alam terus terjadi?. Apalah artinya infrastruktur namun setiap hari harus merasakan banjir, bau sampah, tanah longsor, polusi udara dan lain sebagainya. Semoga para calon dari kedua pasangan beserta tim suksesnya dapat memikirkan bagaimana mengkampanyekan permasalahan lingkungan hidup Indonesia yang semakin hari semakin kritis.

https://masikunxc.blogspot.com/2019/01/masalah-lingkungan-yang-tak.html
 


Apakah anda memiliki pandangan atau opini yang ingin anda tampilkan di website ini? mari bergabung bersama kami dan tulis opini anda terkait Iklan capres dan kampanye capres.
Kirim Opini Anda





Opini Anda Lainnya